Pembahasan Tentang SEO untuk Pemula
Pembahasan Tentang SEO
untuk Pemula dan cara kerja mesin pencari - SEO adalah
singkatan dari Search Engine Optimization. SEO adalah tentang cara untuk
mengoptimalkan situs web untuk mesin pencari. SEO adalah teknik untuk merancang
dan mengembangkan situs web untuk mendapat peringkat bagus dalam hasil mesin
pencari, meningkatkan volume dan kualitas lalu lintas ke situs web dari mesin
pencari, dan pemasaran dengan memahami cara kerja algoritma pencarian, dan apa
yang mungkin dicari oleh pengunjung situs.
SEO adalah bagian dari pemasaran mesin pencari. SEO
juga disebut sebagai SEO copyrighting, karena sebagian besar teknik yang
digunakan untuk mempromosikan situs di mesin pencari, berurusan dengan teks. Di
bawah ini telah mengupas beberapa Pembahasan
Tentang SEO yang harus Anda baca agar Anda bisa lebih mengerti mengenai hal
ini.
Jika Anda berencana untuk melakukan beberapa SEO
dasar, penting bagi Anda untuk memahami cara kerja SEO dan bagaimana mesin pencari
bekerja?
Crawling.
Crawling adalah proses mengambil semua halaman web
yang tertaut ke situs web. Tugas ini dilakukan oleh software, yang disebut
crawler atau spider (atau Googlebot, dalam kasus Google).
Pengindeksan
Pengindeksan adalah proses membuat indeks untuk semua
halaman web yang telah di crawl dan menyimpannya ke dalam basis data raksasa
dari tempat nantinya dapat diambil. Pada dasarnya, proses pengindeksan adalah
mengidentifikasi kata-kata dari artikel yang paling menggambarkan halaman situs
dan menetapkan halaman akan muncul jika dicari melalui kata kunci (keyword) tertentu.
Processing
Ketika ada permintaan pencarian yang datang, mesin
pencari memprosesnya, yaitu membandingkan string pencarian dalam permintaan
pencarian dengan halaman yang diindeks dalam database.
Menghitung Relevansi
Kemungkinan lebih dari satu halaman berisi string
pencarian, sehingga mesin pencari mulai menghitung relevansi setiap halaman
dalam indeksnya dengan string pencarian.
Retrieving result (Mengambil Hasil)
Langkah terakhir dalam kegiatan mesin pencari adalah
mengambil hasil yang paling cocok. Pada dasarnya, itu tidak lebih dari sekadar
menampilkannya di browser.
Mesin pencari seperti Google dan Yahoo! sering
memperbarui algoritma relevansinya puluhan kali per bulan. Ketika Anda melihat
perubahan pada peringkat Anda, itu disebabkan oleh perubahan algoritmik atau sesuatu
yang lain di luar kendali Anda.
Pembahasan Tentang SEO apa Lagi yang Harus diketahui?
SEO Copywriting
SEO copywriting adalah teknik penulisan teks yang
dapat dilihat pada halaman web sedemikian rupa sehingga dapat dibaca dengan
baik oleh surfer, dan juga menargetkan istilah pencarian tertentu. Tujuannya
adalah untuk peringkat tinggi di mesin pencari untuk istilah pencarian yang
ditargetkan.
Seiring dengan teks yang dapat dilihat, SEO
copywriting biasanya mengoptimalkan elemen-elemen pada halaman lain untuk
istilah pencarian yang ditargetkan. Ini termasuk Judul, Deskripsi, tag Kata
kunci, pos, dan teks alternatif.
Gagasan di balik SEO copywriting adalah bahwa mesin
pencari menginginkan halaman konten asli dan bukan halaman tambahan yang sering
disebut "doorway pages" yang dibuat untuk tujuan tunggal mencapai
peringkat tinggi.
Peringkat Mesin Pencari
Ketika Anda mencari kata kunci apa pun menggunakan
mesin pencari, itu akan menampilkan ribuan hasil yang ditemukan dalam
database-nya. Peringkat halaman diukur oleh posisi halaman web yang ditampilkan
dalam hasil mesin pencari. Jika mesin pencari menempatkan halaman web Anda di
posisi pertama, maka peringkat halaman web Anda akan menjadi nomor 1 dan itu
akan dianggap sebagai halaman dengan peringkat tertinggi.
Seberapa pentingkah SEO untuk sebuah situs web?
Mayoritas lalu lintas web didorong oleh mesin pencari
komersial utama, Google, Bing, dan Yahoo. Meskipun media sosial dan jenis lalu
lintas lainnya dapat menghasilkan kunjungan ke situs web Anda, mesin pencari
adalah metode navigasi utama bagi sebagian besar pengguna Internet. Ini benar
apakah situs Anda menyediakan konten, layanan, produk, informasi, atau hal
lainnya.
Mesin pencari unik karena memberikan lalu lintas
bertarget. Jika mesin pencari tidak dapat menemukan situs
Anda, atau menambahkan konten Anda ke database mereka, Anda kehilangan peluang
luar biasa untuk mengarahkan lalu lintas ke situs Anda.
Search queries (Permintaan pencarian) — kata-kata yang
diketik pengguna ke dalam kotak pencarian. Pengalaman menunjukkan bahwa lalu
lintas mesin pencari dapat membawa kesuksesan pada sebuah situs web. Lalu
lintas yang ditargetkan ke situs web dapat memberikan publisitas, pendapatan,
dan paparan seperti tidak ada saluran pemasaran lainnya. Berinvestasi dalam SEO
dapat memiliki tingkat pengembalian yang luar biasa dibandingkan dengan jenis
pemasaran dan promosi lainnya. Demikianlah artikel mengenai Pembahasan Tentang SEO, ini saya buat. Semoga bermanfaat bagi Anda,
terimakasih.